BATIK BANYUMAS

Posted on
  • 20 Januari 2011
  • by
  • Alfiandika Nmp
  • in
  • Label:
  •   Assalamual'aikum agan n sist,ane mau nunjukin nih warisan asli INDONESIA yaitu batik,ane mau nunjukin nih batik dari daerah tempat ane lahir,tepetnya di Banyumas.
    ya dah ga usah make lama n ga usah  make trasi langsung aja ni cekidot.
    Sejarah batik banyumas gan n sist perkembangan batik di Banyumas berpusat di daerah Sokaraja dibawa oleh pengikut-pengikut Pangeran Diponegero setelah selesa-inya peperangan tahun 1830, mereka kebanyakan menet-ap didaerah Banyumas. Pengikutnya yang terkenal waktu itu ialah Najendra dan dialah mengembangkan batik celup di Sokaraja. Bahan mori yang dipakai hasil tenunan sendiri dan obat pewama dipakai pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning gan,bahan pewrnanya alami semua kan gan mntaf dah.
    ni gambar batiknya gan,cekidot













    Lama kelamaan pembatikan menjalar pada rakyat Sokaraja dan pada akhir abad ke-XIX berhubungan langsung dengan pembatik didaerah Solo dan Ponorogo. Daerah pembatikan di Banyumas sudah dikenal sejak dahulu dengan motif dan wama khususnya dan sekarang dinamakan BATIK BANYUMAS.Setelah perang dunia kesatu pembatikan mulai pula dikerjakan oleh Cina disamping mereka dagang bahan batik,waduh untungnya negara cina ga buru2 tuh buat batik di negaranya.


    Sama halnya dengan pembatikan di Pekalongan. Para pengikut Pangeran Diponegoro yang menetap di daerah ini kemudian mengembangkan usaha batik di sekitara daerah pantai ini, yaitu selain di daerah Pekalongan sendiri, batik tumbuh pesat di Buawaran, Pekajangan dan Wonopringgo. Adanya pembatikan di daerah-daerah ini hampir bersamaan dengan pembatikan daerah-daerah lainnya yaitu sekitar abad ke-XIX. Perkembangan pembatikan didaerah-daerah luar selain dari Yogyakarta dan Solo erat hubungannya dengan perkembangan sejarah kerajaan Yogya dan Solo,jd kesimpulanya batik banyumas hampir sama ma batik dr daerah jawa tengah gan.

    ane bangga jd anak INDONESIA gan.
    and ane jg ngucapin trimakasih ma agan/admin K-SEM yg dah nyaranin buat postingan tentang budaya" INDONESIA
    sekian dari ane gan,wassalamu'alaikun


    1 komentar:

    Dwi Sulistiyani mengatakan...

    Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

    Posting Komentar

    Yang dah mampir di Blog Ane Jangan Lupa ninggalin KOmen ea gan.

     
    (◕‿-) Designer By Alfiandika Nur Muhammad Putra
    Sponsored By Blog Newb1e